Makanan Ibu Hami agar Anak Cerdas

Makanan Ibu Hamil agar Anak Cerdas - Kehamilan merupakan harapan dan dambaan setiap ibu dan ayah yang menikah. Mereka sangat menginginkan seorang anak yang lahir dengan serba lengkap tanpa kurang suatu apapun. Anak cerdas dan sehat adalah keinginan semua orang tua. Jadi, agar anak cerdas, ibu hamil sangat berkompeten dalam menjaga dan memelihara kandungannya dengan menggunakan baik. Salah satu cara menjaga kandungan adalah dengan makanan yang sehat dan bergizi. Hanya ibu hamil yang bisa memberikan anak sehat dan cerdas ketika lahir. So, perhatikan selalu makanan dan gizi selama kehamilan.

Makanan Ibu Hami agar Anak Cerdas

Dalam artikel kehamilan ini, kami memberikan tips dan makanan ibu hamil agar mendapatkan anak cerdas dan sehat. Jadi, memperhatikan panduan makanan ibu hamil adalah hal penting selama kehamilan. Apalagi di awal-awal kehamilan. OK, lantas apa saja jenis makanan sehat yang bisa mencerdaskan bayi dalam kandungan. Berikut ulasannya

Makanan Agar Anak Cerdas dan Sehat

Buah Pir
Buah yang putih kekuningan dengan daging putih dan renyah ini sangat enak dan bagus untuk ibu hamil. UNtuk itu, sering-seringlah membeli buah pir agar ibunda yang sedang hamil bisa merasakan enaknya buah dan mendapatkan asupan gizi yang luar biasa. Tentang penitngnya buah pir Rasulullah bersabda yang artinya: "Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian".

Buah Kurma
Buah lainnya yang sangat bagus untuk ibu hamil adalah buah kurma. Mengkonsumsi buah kurma bisa memberikan asupan gizi yang baik selama kehamilan, sehingga bisa memberikan kecerdasan dan kesehatan bagi bayi.

Sayyidina 'Ali bin abi thalib berkata "Tidak ada makanan dan obat yang dimakan oleh perempuan yang sedang hamil lebih utama dari buah kurma yang segar (rathab), Hal ini berawal dari firman Allah SWT. kepada Siti Maryam:

"Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu"
(QS. Maryam: 25-26).

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda SAW. bersabda :
"Barangsiapa yang makan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu".

Buah kurma menyediakan sangat banyak nutrisi penting bagi ibu hamil. NUtrisi yang ada dalam buah kurma antar lain adalah: zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C. Sementara untuk mendapatkan buah impor ini sangat mudah, biasanya di mall-mall banyak disediakan buah kurma dan buah-buah segar lainnya. Di indonesia, buah kurma biasanya sangat banyak tersedia ketika bulan Ramadhan.

Buah Semangka
Makanan ibu hamil seterusnya yang membuat bayi pintar adalah buah semangka. Semangka terkenal dengan manisnya, dan enak ketika dimakan. Tentang bagusnya buah semangka bagi ibu hamil ada Hadist Rasulullah SAW yang berbunyi.

"Tidak ada seorang perempuan hamil yang makan buah semangka, kecuali anak yang dilahirkan olehnya wajah dan fisiknya bagus." (Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi dikutip oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619)

Manfaat dari buah semangka antara lain adalah:
Bagi wanita hamil yang sering mual, semangka bisa menjadi buah enak untuk mengurangi rasa mual.
Karena kandungan airnya sangat banyak, buah semangka bisa menjadi sumber air untuk mencegah dehidrasi
Mencegah kram otot yang sering dialami ibu hamil
Bisa mengurangi resiko preclamsia ibu hamil
Selain itu bisa bermanfaat sebagai nutrisi janin untuk otak, otot, penglihatan, sistem imunitas, dan saraf janin.

Buah Kelapa
Buah kelapa yang sering kita jumpai di Indonesia ternyata bisa membuat anak yang dilahirkan berakhlaq mulia dan baik. Ini sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW. yang berbunyi;
"Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik." Hadits ini bersumber dari Sayyid Ar-Rawandi (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis ke-2)

Demikianlah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil agar bisa membuat bayi cerdas sebagaimana yang disebutkan Rasulullah SAW. Semoga artikelnya bermanfaat untuk semuanya, terutama untuk ibu hamil yang sedangkan mempersiapkan seorang bayi yang lahir sehat, pintar, dan cerdas serta sehat. Amiin

Makanan Ibu Hami agar Anak Cerdas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown