Ketahui 5 Penyabab Rambut Rontok

7 Penyabab Rambut Rontok - Kerontokan rambut yang semakin hari semakin banyak sungguh menydihkan. Apalagi kalau setiap anda menyisir rambut selalu tersangkut dan menempel pada sisir, lebih-lebih kalau rambut anda yang dulunya tebal kini semakin menipis dan jarang. Kerontokan rambut seperti ini tidak pernah terlepas dari apa yang kita makan dan bagaimana cara kita menata dan merawat kesehatan rambut. Kekurangan vitamin-pun bisa menyebabkan kerontokan rambut, jadi ada banyak faktor yang menunjang terjadinya kerontokan rambut.

Penyabab Rambut Rontok
Namun demikian kerontokan rambut tetap bisa dicegah dan diperbaiki. Hal pertama yang paling penting untuk anda adalah mengetahui penyebab rambut rontok, sehingga nantinya mudah bagi anda untuk mencegah dan mengobati kerontokan ini.

Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

1. Kebiasaan keramas dengan air hangat
Perlu anda ketahui bahwa keramas dengan air hangat bisa menghilangkan minyak alami pada rambut yang berfungsi melindungi rambut. Sehingga pada waktu bersamaan pori-pori kulit kepala bekerja aktif dalam memproduksi minyak. Keadaan seperti bisa memicu terjadinya kerontokan rambut.

2. Menyisir rambut dalam keadaan basah
Menyisir rambut harus diperhatikan waktu dan caranya juga. Jangan sampai anda menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah keadaannya masih sangat rapuh sehingga kalau anda menyisirnya langsung tentu akan cepat patah dan rusak. Mengeringkan rambut dengan menggosok secara keras dengan handuk juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Jadi sebelum menyisir rambut sebaiknya keringkan rambut anda terlebih dahulu, caranya tepuk-tepuk rambut dengan lembut menggunakan handuk lembut.

3. Biasa mengeringkan rambut dengan hair dryer
Alat penataan rambut ini mengeluarkan panas, dan anda tahu bahwa panas yang dikeluarkan akan mengakibatkan protein dan kutikula rambut bisa rusak sehingga rambutpun mudah patah dan rusak. Kalau anda terkasa harus menggunakan alat penataan rambut seperti hair dryer, maka aturlah suhunya pada yang paling dingin.

4. Sering mengaruk kepala
Jangan sering-sering menggaruk kepala anda, baik itu karena gatal akibat kulit berminyak atau karena ketombe. Menggaruk-garuk kepala terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut. Kalau kutikula rambut rusak maka rambutpun akan ikut rusak dan rontok. Tetapi atasilah rasa gatal dikepala anda dengan menggunakan keramas menggunakan shampoo yang mengandung Selenium, Zinc, Tea tree oil, atau mintalah resep shampoo anti jamur pada dokter.

5. Sering terpapar matahari
Kulit yang sering terpapar matahari akan meradang dan menghitam, begitu juga dengan rambut. Rambut yang selalu terbakar dibawah terik mentari akan membuat kutikula rambut melemah dan mudah rusak, sehingga mengakibatkan kerontokan rambut.

Inilah 5 faktor pemicu rontoknya rambut seseorang. Untuk menjaga kesehatan rambut, maka hindarilah kelima hal ini sebisa mungkin. Lebih baik mencegah dari mengobati, maka cegahlah kerontokan rambut sebelum kerontokan itu datang.

Baca juga: cara mengatasi rambut rontok | cara merawat rambut rontok | merawat rambut kering

Ketahui 5 Penyabab Rambut Rontok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown