Bagaimana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Benar

carakecantikanwanita - Kesehatan gigi dan mulut adalah dua hal krusial sekali yang mesti dijaga untuk tetap bisa nyaman dan sehat dalam menjalani hidup ini. Tidak menjaga kesehatan gigi dna mulut bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti gusi bengkak, gusi berdarah, bahkan bisa terjadi sakit gigi. Kamu tahukan bagaimana kalau sakit gigi menyerang, segala kesenangan bisa hilang dan sangat tidak menyenangkan sekali, sehingga ada semboyan yang mengatakan sakit hati lebih baik dari sakit gigi (kebalikan sakit gigi lebih baik dari sakit hati).

Menjaga Kesehatan Gigi

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang cara menjaga kesehatan gigi, kami akan berbagi info kepada kamu, semoga apa yang kamu carikan di Google.com bisa kamu dapatkan salusinya. Langsung saja kita lihat ulasnya berikut ini.

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

1. Makanan sehat
Makanan sehat adalah hal pertama yang harus diperhatikan agar gigi tetap sehat dan mulut sehat. Makanan sehat bukanlah yang berkaitan dengan karbohidrat melulu, tetapi juga harus ada mineral, dan nutrisi lainnya. Untuk Menjaga kesehatan gigi tetap oke, vitamin yang utama diperhatikan adalah vitamin A, Vitamin C, dan vitamin D.

2. Perhatikan waktu makan
Waktu makan juga menjadi peranan dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Setelah makan berat jangan langsung kamu sambung dengan ngemil, tetapi beri jeda, tujuannya adalah agar gigi kamu tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan biasanya asam akan terbentuk dalam waktu 30-40 menit.
Baca juga: menjaga kesehatan gigi anak
3. Minum banyak air putih
Tahukaha kamu bahwa air putih adalah komponen dasar dalam tubuh manusia, hampir 90% kandungan dalam tubuh adalah air. Begitu juga bahan dasar air liur, air liur merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan gigi sehat. Untuk menjaga air liur tetap sehat kita butuh minum air yang banyak hingga minimal 8 gelas dalam sehari. Air juga mengandung fluoride yang bisa menjadi bahan pelindung enamel gigi.

4. Makan keju dan minum susu
Salah satu vitmain yang dibutuhkan oleh gigi adalah kalsium, dan kalsium ini banyak terdapat dalam susu, keju dan dalam produk susu. Kalsium bisa menjaga gigi tetap sehat dan cepat dalam memperbaiki gigi yang rusak.

5. Jauhi banyak mengkonsumsi gula
Gula adalah bahan yang sangat berpengaruh dalam pembentukan asam pada gigi. Untuk itu jauhi banyak mengkonsumsi gula tambahan seperti kopi, teh, dan permen bergula.

6. Rajin sikat gigi.
Cara lain dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi. Sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, tetapi lebih baik lagi kalau kamu mampu menjaga setiap saat waktu selesai makan.

7. Minum Teh
Teh yang kamu minum setiap pagi bagus untuk kesehatan, karena mengandung polifenol dalam teh, polifenol ini bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab plak pada gigi. Tetapi sebaiknya jangan menggunakan gula sebagai pemanis, anda bisa mengunakan madu sebagai pengganti gula. Selain itu, teh juga baik untuk mencegah gigi berlubang.

Note: anda tidak disarankan terlalu sering minum teh, karena kebiasaan ini bisa mengakibatkan gig kuning.

8. Hindari merokok
Banyak perokok biasanya memiliki gigi yang kuning atau bahkan memiliki gigi yang hitam dibagian depannya. Ini adalah efek nikotin dalam tembakau, bukan hanya sakit gigi yang terjadi akibat merokok, tetapi juga memicu penyakit berat lainnya seperti jantung, stroke, kanker dll.

9. Memerikasa gigi kedokter
Rajinlah datang kedokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut anda. Jadikan setiap 6 bulan sekali untuk merawat kesehatan gigi pada dokter gigi. Bahkan anak-anak kecilpun harus kamu biasakan untuk pergi kedokter, agar mereka tidak takut dengan dokter.

Demikianlah beberapa langkah dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang benar, semoga saja ini menjadi info baru bagi anda yang belum mengetahui dan menjadi pengingat bagi anda yang sudah duluan tahu. Selamat menjaga kesehatan gigi dan salam sehat selalu.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown